Rabu, 22 Agustus 2012

Memilih Tenda dan Sleeping Bag

Sebagai backpacker terkadang kita harus menyiapkan diri untuk menginap disegala tempat termasuk di alam terbuka. Maka piranti seperti tenda dan sleeping bag harus kita pikirkan jika kita ingin backpacker off beaten track’.
Berikut adalah tulisan ringan tentang macam-macam tenda dan sleeping bags, tips memasang serta bagaimana memilih sleeping bag dari tingkat kenyamanan penggunaannya.




Macam-macam Tenda

1. Tenda Backpacker
Umumnya ringan, berbentuk tunnel, mempunyai ukuran packing yang kecil dan gampang dibawa. Kapasitas terbatas

Eurohike-Backpacker

2. Tenda Dome

Ringan dan compact sehingga gampang dibawa dengan ransel tapi dengan ruangan yang lebih luas dari tenda backpacker. Sangat idela untuk traveling ringan seperti festival musik atau kemping weekend.



3. Tenda Untuk Keluarga Kecil
Biasanya mempunyai ruang cukup besar untuk menyimpan peralatan. Sangat ideal untuk kelompok atau keluarga kecil dalam acara sabtu mingguan


4.Tenda Untuk Keluarga Besar
Dengan fitur yang lebih lengkap untuk ruang, menyimpan peralatan dan juga tempat untuk tidur.


5.Tenda Teknis
Ringan, compact, dan sangat waterproof diperkuat dengan tiang dari alloy. Tenda ini untuk ekspedisi dimana kondisi medan sangat tidak ramah.


6. Tempat Berteduh Sementara (emergency), Bivy Tent
Waterproff, ideal untuk segala cuaca ketika kondisi bisa berubah setiap saat.


Bentuk dan Ukuran Tenda




Geodesic dan semi Geodesic
Bentuk tenda ini memakai konfigurasi tiang yang saling menyilang maka desain ini disebut paling stabil dalam hal struktur. Sedang kain tenda mendukung dengan membuat lapisan dalam dan lapisan tambahan terentang dengan kuat sehingga tak gampang rubuh dan mudah dipindahkan

Tunnel
Tipe ini adalah untuk tenda ringan dengan bentuk melengkung dari awal hingga akhir menyerupai terowongan. Dalam kondisi bagus, tenda ini bisa diamankan dengan tiga penguat. Terkadang harus ditambahkan tali dalam kondisi buruk. Keuntungannya adalah karena ringan sangat ideal untuk backpaking atau kemping weekend.



Tips Masang Tenda

• Sebelum memasang tenda bersihkan tempat yang akan dipakai dari batu dan kotoran
• Hindari tempat di dataran rendah ketika aliran udara nyaris tidak ada membuat kelembaban makin bertambah. Juga jika hujan tenda cenderung menangkap air lebih banyak.
• Sinar matahari bisa merusakkan tenda, jika bisa pasang di tempat yang teduh
• Pastikan tenda dengan ventilasi yang cukup untuk mengurangi kondensasi
• Simpan sleeping bag dan pakaian dengan tas waterproof untuk berjaga-jaga jka kehujanan dan harus memindahkan tenda
• Bawa peralatan yang bisa untuk memperbaiki tenda misalnya tape isolasi besar
• Jangan pernah memasak didalam tenda karena bahan kain tenda gampang terbakar dan meleleh.
• Jangan menghentakkan metal tiang tenda, packing-lah dari tengah menuju tepi. Beri sedikit minyak untuk perawatan


Macam-macam Sleeping Bag

1-2Season
Sangat pas dipakai untuk daerah panas karena ringan dan tidak sumpek, biasanya dengan berat <1kg br="br" dengan="dengan" kecil="kecil" packing="packing">
2Season
Biasanya digunakan pada akhir musim semi hingga awal musim gugur ketika temperatur udara tidak mencapai dibawah nol. Rata2 beratnya 1kg-1.5kg

3Season
Biasa dipakai awal musim semi hingga akhir musim gugur ketika temperature kemungkinan turun hingga dibawah nol dan bisa pula dipakai pada malam musim dingin yang sedikit hangat. Berat rata2 1.4kg-2kg

4Season
Dibuat dengan lapisan sintetis tambahan yang cukup memberikan ventilasi pada cuaca yang dingin dan penggunaan di ekspedisi gunung.

Macam Bentuk Sleeping Bag

Secara garis besar ada dua macam bentukan yakni mummy dan segi empat. Dari sini kembali dibagi lagi menjadi “down fill” dan “synthetic fill”.

Mummy bag mempunyai insulasi yang lebih efektif sedang segi empat lebih nyaman dan banyak ruang. Jika kita kemping di negara panas/tropis maka sleeping bag segi empat adalah pilihan paling tepat. Namun jika kemping di tempat dengan suhu bervariasi idealnya punya kedua-duanya. Jika ingin berencana mendaki gunung maka bentuk mummy adalah yang paling pas. 
Down
filled cenderung ringan dengan insulasi yang lebih bagus daripada synthetic filled, juga lebih compact jika dimasukkan dalam tas dan cenderung berkualitas lebih baik. Synthetic fill lebih murah dan jika basah bekerja lebih baik ketimbang down fill basah. Jadi pertimbangkan cuaca tempat dimana akan backpacking, pilih mana yang sesuai dengan tipe perjalanan kita.

Tingkatan Sleeping Bag

Ada 2 tingkatan

Rating Berdasar Kenyamanan : semua sleeping bags dibuat tingkatan berdasarkan kehangatan. Rating menunjukkan jangkauan suhu yang memang sengaja didesain untuk kenyamanan bagi pengguna. Sebagai contoh, sebuah sleeping bag dengan rating +20 menunjukkan bahwa sebaiknya pengguna menggunakannya dalam suhu 20 derajat centigrade.


Extreme Kenyamanan : tiap sleeping juga diberi tambahan rating yang menunjukkan suhu paling dingin yang masih bisa membuat pengguna nyaman. Seorang pengguna yang berpengalaman bisa beradaptasi dengan baju dan kondisi tubuhnya dalam segala situasi dan bisa memperkirakan kelemahan dari sleeping bag yang dipakainya. (*)


source : www.indobackpacker.com



Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar